Uncategorized

Pengakuan Pemain Sepakbola Sebagai Aset Tidak Berwujud

Sejauh ini, bentuk badan hukum PT masih menjadi pilihan paling populer di kalangan klub sepak bola. Pilihan ini tentunya membawa konsekuensi-konsekuensi yang salah satunya adalah klub yang statusnya PT wajib tunduk pada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Sepanjang penelusuran kami, tidak ada aturan yang mengatur secara eksplisit mengenai klub sepak bola sebagai organisasi olahraga profesional harus berbentuk badan hukum atau tidak. Sejumlah personel Polsek Sewon turut melaksanakan pengamanan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Yogyakarta tahun 2020 untuk cabang olehraga sepak bola, di Stadiun Sultan Agung (SSA), Jumat (22/02/2020) pagi. Golf adalah olahraga yang bermain secara perorangan atau tim yang berlomba untuk memasukan bola Golf ke dalam lubang-lubang dengan pukulan sesedikit mungkin.

Tingginya tarif pajak yang berlaku di beberapa negara wilayah Eropa seperti Inggris, Spanyol dan Perancis serta tingginya penghasilan membuat banyak pemain sepakbola termotivasi untuk melakukan penggelapan pajak. Adapun eksploitasi image rights dapat dilakukan melalui sponsorship dari beberapa produk dengan merek ternama dan penjualan merchandise klub dengan menggunakan nama, tanda tangan, logo, dan foto pemain sepakbola.

Lebih lanjut, salah satu tujuan klub memiliki atau membeli aset tidak berwujud adalah untuk meningkatkan kekayaan pemegang saham dan mencari keuntungan atas aktivitas bisnis di industri sepakbola. Dengan kata lain, klub dapat memperoleh manfaat ekonomi di masa depan dari pemain sepakbola yang dimiliki. Selain itu, sepakbola merupakan cabang olahraga yang paling banyak dibahas, yaitu sebesar 48, 3 persen dari total 15. 777 perbincangan terkait cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018. Jika Tennis for Two merupakan permainan elektronik pertama untuk cabang olahraga tenis, Pong adalah yang pertama untuk cabang olahraga tenis meja. Nama Pong sudah mencerminkan hal tersebut, sebab tenis meja disebut juga dengan pingpong.

Intinya, regulasi itu menginstruksikan setiap federasi sepak bola negara untuk menerapkan pengelolaan klub sepak bola yang profesional dengan salah satu parameternya adalah berstatus badan hukum. Merujuk pada hukum yang berlaku di Indonesia, maka bentuk badan hukum yang dikenal adalah PT, yayasan, dan koperasi.

“Kami ingin pertandingan jangan semata-mata untuk meraih juara, melainkan ikuti pertandingan dengan permainan yang menunjukkan teknik dan skill yang diperoleh selama berlatih, ” ujarnya. Persyaratan itu harus dipenuhi supaya aspek finansial dan bisnis akuntabel karena bisa dipertanggungjawabkan secara hukum. Jadi, kewajiban klub sepak bola profesional atau organisasi olahraga profesional untuk berbadan hukum dilandasi oleh Club Licensing Regulation yang diterbitkan oleh FIFA dan Statuta PSSI.

Sebelum bertolak ke luar negeri, para atlet ini sempat kesulitan mendapat venue latihan di Jakarta. Namun, segala upaya telah dilakukan atlet Polo Air Indonesia yang mengikuti pelatnas di Stadion Akuatik GBK. Latihan tersebut dilakukan oleh 16 atlet dengan pelatih asing asal Serbia, Zoran Kontic. Terkait latihan ini untuk memoles teknik atlet Indonesia bersaing dengan negara-negara terkuat Asia. Tidak heran jika jumlah penghasilan bruto pemain sepakbola memiliki nilai yang sangat fantastis.